Diberitahukan kepada peserta UKG Khusunya Guru TK,SD,SLB
yang semula bertempat di
SMPN 5 Kepanjen LAB 2 dipindahkan ke SMK MUHAMMADIYAH KEPANJEN LAB 3
(waktu dan gelombang tetap)
Thursday, July 26, 2012
Perubahan Jadwal UKG SMK
Sehubungan dengan libur Hari raya dan efektifitas pengendalian UKG secara Nasional , maka jadwal UKG khusus untuk Guru SMK Negeri dan Swasta ditunda pelaksanaannya dan akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 Oktober 2012
Uji Kompetensi Guru (UKG) online Tahun 2012
uru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan menjadikan peran
yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran
guru tersebut menjadi semakin besar dengan telah dicanangkannya guru
sebagai profesional oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Sehingga
pada tahun 2005 terbitlah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14
Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehubungan dengan hal tersebut,
kebijakan Pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru telah
dilakukan melalui berbagai upaya.
Profesionalisme guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang
dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan
berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik
profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui upaya
peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan dan diperuntukan bagi
semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat.
Sehubungan dengan itu, uji kompetensi guru (UKG) dilakukan untuk
pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan
sebagai entry point penilaian kinerja guru (PKG). Dengan demikian UKG
bukan merupakan resertifikasi atau uji kompetensi ulang maupun untuk
memutus tunjangan profesi.
Adapun bagi guru yang akan mengikuti UKG Online tahun 2012 dapat mendownload
Petunjuk cara mengerjakan soal-soal online tahun 2012.
Pedoman Uji Kompetensi Guru Tahun 2012
Adapun bagi guru yang akan mengikuti UKG Online tahun 2012 dapat mendownload
Petunjuk cara mengerjakan soal-soal online tahun 2012.
Pedoman Uji Kompetensi Guru Tahun 2012
Monday, July 23, 2012
Sunday, July 22, 2012
Tempat Ujian Kompetensi
Tempat pelaksanakan UKG Online Kabupaten Malang dapat di download :
1. TUK SD, TK, SLB
2. TUK SMP
3. TUK SMA / SMK
Selamat Ujian.... Semoga Sukses..!!!
1. TUK SD, TK, SLB
2. TUK SMP
3. TUK SMA / SMK
Selamat Ujian.... Semoga Sukses..!!!
PESERTA UKG KAB. MALANG
Peserta UKG Online Kab. Malang dan Tempat Ujiannya dapat di download di :
1. Peserta UKG SMA / SMK
2. Peserta UKG SMP
3. Peserta UKG TK, SD, SLB
4. Peserta UKG Pengawas
Selamat ... Semoga Sukses !!!
1. Peserta UKG SMA / SMK
2. Peserta UKG SMP
3. Peserta UKG TK, SD, SLB
4. Peserta UKG Pengawas
Selamat ... Semoga Sukses !!!
Video Tutorial UKG
Video ini sangat membantu Bapak/Ibu guru yang sudah tua dan belum
mengenal perangkat komputer. Melalui video ini, keterampilan minimal apa
yang perlu dikuasai akan dapat diketahui. Dan selanjutnya, ternyata
tidaklah seseram yang dibayangkan.
Unduh Video Tutorial UKG MP4 (13,3 Mb)
Unduh Video Tutorial UKG MP4 (13,3 Mb)
Tempat Ujian Kompetensi (TUK)
Tempat Ujian Kompetensi di Kabupaten Malang sebanyak 14 tempat yaitu :
1 | SMP N 1 KEPANJEN | Jl. Ardirejo Kepanjen |
2 | SMP N 2 KEPANJEN | Jl. Locari |
3 | SMP N 4 KEPANJEN | JL. Kawi 3 Kepanjen |
4 | SMP N 5 KEPANJEN | Jl. Krajan Raya 144 Sengguruh Kepanjen |
5 | SMA N 1 KEPANJEN | Jl. Ahmad Yanim 48 Kepanjen |
6 | SMA ISLAM KEPANJEN | Jl. Diponegoro 153 kepanjen |
7 | SMK MUHAMMADIYAH KEPANJEN | Jl. KH. Ahmad Dhlan 34 Kepanjen |
8 | SD ISLAM BANI HASYIM SINGOSARI | PERUM Persada Bhayangkara Blok Singosari |
9 | SMK N 1 SINGOSARI | Jl. Mondoroko 3 Singosari |
10 | SMK N 1 TUREN | Jl. Panglima Sudirman 41 Turen |
11 | SMK N 2 TUREN | Jl. Gatot Subroto 69 Turen |
12 | SMA N 1 TUREN | Jl. Majen Panjaitan 65 Sedayu Turen |
13 | SMA N 1 GONDANGLEGI | Jl. Ketawang Gondanglegi |
14 | SMA N 1 BULULAWANG | JL. RAYA BULULAWANG |
Materi Sosialisasi UKG Online
Untuk bahan pemahaman mengenai UKG online, berikut du dokumen yang siap diunduh. Semoga bermanfaat!
Sosialisasi Mekanisme UKG Online
Sosialisasi UKG Online LPMP Jawa Timur
Materi Soal UKG dan Hasil Ujian
Aspek Kompetensi yang diujikan
- Kompetensi Pedagogik
- — Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik;
- — Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif;
- — Merencanakan dan mengembangkan kurikulum;
- — Melaksanakan pembelajaran yang efektif;
- — Menilai dan mengevaluasi pembelajaran;
- Kompetensi Pedagogik
- Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik;
- Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif;
- Merencanakan dan mengembangkan kurikulum;
- Melaksanakan pembelajaran yang efektif;
- Menilai dan mengevaluasi pembelajaran;
Instrumen UKG
- Berupa tes obyektif dengan pilihan ganda 4 (empat) opsi pilihan jawaban;
- — Komposisi instrumen tes adalah Kompetensi Pedagogik (30%) dan Kompetensi Profesional (70%);
- — Jumlah butir soal maksimal 100 soal;
- Waktu ujian adalah 120 menit.
Mata Uji
Mata uji yang diikuti oleh guru bersertifikat pendidik sama dengan bidang studi sertifikasi, dan dinyatakan valid oleh BPSDMPK-PMP.
—b. Bagi guru belum bersertifikat pendidik
Bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, mata uji harus sesuai dengan bidang studi S-1/D-4 yang dimiliki. Bagi guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-4, sesuai mata pelajaran yang sedang diampu dengan paling sedikit 5 tahun mengajar mata pelajaran tersebut.
Hasil Ujian
- hasil ujian secara langsung dapat diketahui oleh peserta saat “submit”.
- hasil ujian tingkat nasional akan dapat diketahui setelah tempat ukg meng “upload” hasil ujian ke server pusat.
- jika koneksi internet tempat ukg stabil maka server lokal dapat langsung “upload”.
- jika koneksi internet tempat ukg kurang stabil maka hasil ujian dikirim melalui email (email sudah ditentukan)
- jika tidak ada koneksi internet, tetapi jaringan di lokasi tempat ukg berfungsi baik maka hasil ujian dicopy ke cd/dvd oleh tim teknis kemudian diserahkan ke petugas lpmp yang ada di kab/kota, selanjutnya dicopy ke server pusat
Landasan dan Prinsip UKG
Landasan pelaksanan UKG adalah berdasarkan berdasarkan aspek filosofi, teoritis pedagogis, dan empirik sosial, dan prinsip pendekatannya sebagai berikut:
Prinsip UKG
1. Aspek Filosofi
- Hak masyarakat dan peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas;
- Diperlukan guru yang berkualitas untuk pendidikan yang berkualitas;
- Peserta didik harus terhindar dari proses pembelajaran yang tidak berkualitas;
- Membangun budaya mutu bagi guru
- Untuk memastikan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar yang ditetapkan;
- Hakikat sebuah profesi;
2. Aspek Teoritis Pedagogis
- Penilaian kinerja guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya;
- Pembinaan dan pengembangan profesi guru hanya dapat dilakukan secara efektif jika berbasis pada pemetaan kompetensi guru;
- Uji kompetensi guru berfungsi sebagai pemetaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional);
- Untuk membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi diperlukan mutu atau kualitas para anggota yang tergabung dalam profesi tersebut. Mutu atau kualitas diperoleh dari upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan pengendalian yang dilaksanakan secara terus menerus dan tersistem. Upaya pengendalian dilakukan melalui pengujian dan pengukuran. Profesi guru akan bermutu jika secara terus-menerus dilakukan pengujian dan pengukuran terhadap kompetensi guru melalui uji kompetensi;
- Ukuran kinerja dapat dilihat dari kualitas hasil kerja, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, prakarsa dalam menyelesaikan pekerjaan, kemampuan menyelesaikan pekerjaan, dan kemampuan membina kerjasama dengan pihak lain (T.R. Mitchell, 2008);
- Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan upaya peningkatan profesionalitas guru yang didasarkan atas hasil penilaian kinerja guru dan uji kompetensi guru.
3. Aspek Empirik Sosial
- Pembinaan dan pengembangan profesi guru tanpa didasari atas bukti-bukti empirik atas kompetensi dasar guru dapat membuat penyelenggaraan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam bentuk pelatihan guru kehilangan fokus;
- Beberapa studi membuktikan bahwa uji kompetensi guru berdampak positif pada perbaikan kinerja guru dan peningkatan mutu pendidikan;
- Kepercayaan masyarakat terhadap harkat dan martabat guru semakin tinggi, dihubungkan dengan kinerja guru dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan.
Prinsip UKG
- — UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas;
- — Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan subject matter pada jenjang pendidikan tempat tugas guru. Instrumen tes untuk guru bidang studi SMP, SMA dan SMK akan dibedakan dengan asumsi bahwa pembinaan profesi dan penilaian kinerja guru didasarkan pada tempat tugas mengajar guru. Uji kompetensi pedagogik mengunakan pendekatan inti sel dari varian dari kompetensi pedagogik dimaksud.
Subscribe to:
Posts (Atom)